12.11.18

Game Level #12: Keluarga Multimedia - Day 9

Solite Kids, Secil Membaca


Secil Membaca
Secil Membaca
Aplikasi ketiga yang saya unduh dari Solite Kids adalah Secil Membaca, yaitu belajar membaca dengan cara yang menyenangkan. Masih dengan interface yang sama yaitu dua pilihan menu. Sepertinya aplikasi ini memang ditujukan untuk anak agar bisa belajar sambil bermain dengan cara yang menyenangkan dan tidak membosankan. Dalam hal ini, tetap dengan kontrol orang tua jangan sampai anak terlalu lama bermain ponsel, ya. Pilihan menu untuk melajar membaca ada 12 macam, mulai dari belajar mengeja huruf alfabet, huruf vokal dan konsonan, satu hingga tiga suku kata, ada juga kata dengan akhiran ‘ng’ dan ‘ny’.


Saya akan mencoba untuk membuka menu belajar membaca nama hewan. Setiap nama hewan yang muncul dilengkapi dengan gabar hewan tersebut lalu akan ada suara yang mengeja nama hewan per satu suku kata kemudia dibaca secara keseluruhan. Menurut saya, ini cara yang tepat untuk mengajari anak membaca dengan cara meniru per satu suku kata. Setiap halaman ada fitur geser kanan dan kiri untuk navigasi berganti pada nama hewan selanjutnya. Total ada 8 nama hewan yang bisa diulang sesuai keinginan. Ada juga fitur otomatis yang bisa diaktifkan tanpa melakukan navigasi.


Khusus untuk palikasi ini, Izza lebih tertarik dengan permainannya, total ada empat macam yaitu tebak kata, balon kata, tebak huruf vokal, dan pasang huruf. Semuanya Izza suka untuk memainkan.  Permaianan pertama adalah tebak kata, disini saya berperan untuk memancing Izza mencari satu huruf dari kata yang diperintahkan. Misalnya sistem meminta mencari kata “buku” maka saya akan meminta Izza untuk mencari kata yang punya huruf “b”. Jika benar, maka akan muncul pop up message seperti pada aplikasi sebelumnya. Untuk balon kata, prinsipnya sama dengan tebak kata, hanya saja, permainan ini lebih cepat karena menggunakan balon udara yang melayang ke atas lalu menghilang. Permainan ketiga yaitu tebak huruf vokal yang berada di dalam gelembung udara melayang ke atas. Sistem memerintahkan untuk memcahkan huruf vokal tertentu, Izza suka dengan permainan ini karena dia merasa sedang berburu. Permainan terakhir adalah puzzle. Di dalamnya ada huruf yang dicetak samar, lalu kita diperintahkan untuk menarik huruf yang ada sesuai dengan kata yang diminta.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^^