12.11.18

Game Level #12: Keluarga Multimedia - Day 7

Solite Kids, Secil Hijaiyah


Secil Hijaiyah
Secil Hijaiyah
Kali ini saya akan mulai review beberapa aplikasi android yang biasa digunakan Izza untuk bermain sambil belajar. Sebenarnya, memberikan ponsel untuk Izza itu semacam bumerang, Izza seneng tapi nanti bisa dia jadikan senjata disaat tertentu agar saya bisa memberikan dia ponsel. Saya biasanya memberikan dia ponsel saat makan di luar atau di dalam mobil jika kondisinya sedang tidak memungkinkan bagi saya untuk menghandle dia, contohnya saat sedang nyusui adiknya. Tapi, saya juga tidak bisa berkata ponsel itu tidak baik untuk Izza, karena nyatanya dia banyak belajar dari aplikasi atau pin youtube. Izza banyak menyerap kosa kata baru dan pemahaman baru yang sebelumnya belum pernah saya kenalkan. Aplikasi yang saya review kali ini dari Solite Kids, Secil Hijaiyah, yaitu aplikasi yang membantu anak belajar huruf hijaiyah.


Aplikasi ini dilengkapi dengan dua pilihan yaitu belajar dan bermain. Pada menu belajar ada dua pilihan yaitu belajar membaca hijaiyah dan menulis hijaiyah.  Saat memilih menu belajar membaca akan diarahkan pada huruf hijaiyah yang dilengkapi dengan suara anak-anak yang sedang mengeja hufur hijaiyah satu per satu sesuai dengan navigasi yang kita pilih. Jadi anak bisa mengulang atau beralih pada huruf lain sesuai dengan keinginan tanp harus sesuai urutan. Sedangkan menu menulis hijaiyah merupakan layar interaktif agar anak bisa melukis di layan ponsel sesuai dengan arahan dalam menulis. Jika berhasil menulis dengan benar maka akan keluar pop up message dengan suara “hebat”, “pintar”, atau “luar biasa” sesuai dengan kecepatan dan ketepatan saat menulis. Menu ini sangat disukai oleh Izza.


Untuk memilih permainan yang diinginkan cukup kembali pada menu utama dan memilih 4 permainan yang disediakan yaitu: ketupat hijaiyah, balon udara, pohn hijaiyah, kolam ikam. Dasar dari semua permainan ini sama yaitu memilih huruf hijaiyah sesuai dengan perintah yang dikatakan oleh sistem. Ke-empat permainan ini sangat disukai oleh Izza karena dia senang mendengar pop up message yang keluar dan menirukannya. Menurut saya aplikasi ini cukup kreatif untuk mengajak anak belajar sambil bermain dengan cara yang menyenangkan dan membantu Izza untuk menghafal huruf hijaiyah.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^^