6.11.18

Game Level #12: Keluarga Multimedia - Day 5

Primaku


Salah satu aplikasi yang membantu saya dalam memantau tumbuh kembang anak-anak adalah Primaku yang dibuat oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia. Saya juga menggunakan aplikasi Growth tapi hanya sebatas tinggi dan berat badan anak. Aplikasi Primaku gratis dan bisa memasukkan lebih dari satu data anak tanpa perlu upgare atau bayar. Ditambah lagi dengan fitur yang lebih lengkap. Hmm... saya kok jadi seperti promosi aplikasi, hehe. Saking sukanya dengan aplikasi ini. Di bagian halaman utama dari palikasi ini akan ditampilkan informasi tumbuh kembang anak, jadwal vaksinasi terdekat, dan artikel terkait. Untuk melihat secara detil bisa pindah ke tab lainnya.

Tab selanjutnya adalah jadwal vaksinasi yang dibagi menjadi 2 kolom, yaitu jadwal vaksin wajib dari pemerintah dan jadwal vaksin dari IDAI. Setiap jadwal disertai dengan alarm yang bisa diaktifkan waktunya semau kita. Jika diklik salah satu jenis vaksin, maka akan diberikan keterangan singkat mengenai vaksin tersebut.  Setelah melakukan vaksin bisa mengisi data di halaman tersebut disertai dengan tanggal dan nama vaksin yang digunakan. Halaman selanjutnya adalah data tumbuh kembang anak yaitu tinggi dan berat badan. Data tersebut disertai dengan grafik (seperti KMS) dari WHO, jadi orang tua bisa melihat tumbuh kembang anak sesuai grafik apa tidak.

Primaku
Primaku

Primaku
Primaku

Halaman selanjutnya adalah skrining perkembangan anak yang meliputi motorik, sensori, bahasa, sosial, dan kemandirian. Bagusnya lagi, bisa dipilih sesui tahap usia anak yang disertai dengan skrining dan cara stimulasi. Halaman terakhir adalah beberapa artikel yang bisa membantu orang tua agar lebih banyak informasi. Aplikasi ini cukup lengkap dan memudahkan saya untuk memantau tumbuh kembang anak. Tidak perlu lagi bertanya kanan kiri atau membandingkan anak kita dengan anak orang lain, cukup menggunakan parameter yang ada.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^^