4.11.18

Game Level #12: Keluarga Multimedia - Day 2

Youtube

youtube
youtube
Teknologi kedua yang cukup membantu dalam membersamai anak-anak adalah youtube baik dalam versi web maupun versi aplikasi ponsel. Jika dari beberapa macam sumber mengatakan agar menjauhkan anak dari youtube dna sejenisnya, tapi tidak bagi saya. Karena kehadirannya cukup membantu saya baik untuk pengajaran atau sekadar fun time bagi anak terutama untuk Izza, sang kakak. Saya mengenalkan Izza pada youtube dengan tujuan sebagai salah satu media belajarnya terutama dari segi bahasa. Izza adalah anak kinestetik visual, jadi dia dengan muah mengingat dan meniru apa yang dia lihat.

Banyak orang bilang jika youtube bisa membuat anak terlambat bicara, mungkin iya jika penggunaannya tanpa batas. Sejauh ini saya selalu memberikan batas waktu untuknya untuk nonton youtube dan tidak memberikan ponsel dalam bentuk aplikasi kecuali sedang keluar rumah dan kepepet. Jadi di rumah dia nonton youtube dari TV dan dia belum bisa mengganti videonya, sehingga mau tidak mau Izza akan tetap berinteraksi dengan saya. Banyak kosakata tak terduga yang keluar dari mulut Izza yang belum pernah saya ajarkan terutama kata dalam bahasa Inggris. Jadi, ya, selama ada kontrol dari orang tua dan tidak membiarkan dia tanpa akses maka youtube pun bisa membantu anak untuk belajar bicara. Intinya jangan biarkan anak nonton youtube sendiri, pilihkan channel, sembunyikan remote control. Jika kepepet menggunakan aplikasi youtube via ponsel maka gunakan parental control.

parental control di youtube kids
parental control di youtube kids
Saat ini juga sudah tersedia aplikasi youtube kids, yang semua isi videonya aman untuk anak disertai dengan parental control. Di aplikasi youtube kids bisa mengisi data diri anak sesuai usia, jadi video yang ditampilkan pun sesuai dengan rekomendasi usia. Ada fitur search control yang bisa di-off-kan, jadi anak tidak bisa mengakses, atau fitur video blocking untuk memblokir video yang tidak kita kehendaki. Dan fitur yang saya suka adalah timer, jadi aplikasi akan mati saat waktu habis.  Aplikasi youtube kids saya gunakan untuk saat tertentu seperti sedang dimobil dan dia tidak bisa diam, saat saya sedang mandi sedangkan adiknya tidur, hehe.

Untuk saya sendiri, youtube cukup membantu untuk kegiatan harian, seperti melihat resep masakan, tutorial DIY mainan anak, hafalan surah, dan lain sebagainya. Yang pasti, saya tidak menggunakan youtube untuk nge-vlog meskipun saya blogger, hehe.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^^