9.9.18

Game Level #10: Membangun Karakter Anak Melalui Dongeng - Day 10

Mendongeng dengan Sali dan Saliha
Mendongeng dengan Sali dan Saliha
Hari ini cukup sibuk, mulai dari mengantar mertua ke bandara, lalu pergi ke undangan teman kantornya suami. Yang membuat sibuk adalah. Jadi persiapannya karena ini kali pertama saya ikut keluar ke kondangan lengkap dengan pasukan dua anak. Rencana berangkat jam 9 pagi, molor menjadi jam setengah 11. Ditambah drama Izza memlihi bajunya sendiri dan tidak mau pakai jilbab. Sorenya ada janji dengan tukang pijat yang datang ke rumah. Jadi waktu mendongeng hanya saya lakukan sekali sebelum Izza tidur, itu pun dia sudah terlihat sangat capek dan mengantuk sekali sehingga kurang maksimal. Dongeng yang saya ceritakan malam ini tentang kewajiban jilbab bagi perempuan. Sebenarnya, Izza sudah sangat terbiasa menggunakan jilbab, karena sejak bayi sudah saya kenalkan. Berkali kali selalu sounding kalau keluar rumah harus pakai jilbab. Semua berjalan mulus hingga akhirnya Izza bisa memilih fashion seperti apa yang akan dia kenakan. Fashion yang saya maksud adalah baju, celana, sepatu, kadang juga tas atau topi.

Dongeng singkat malam ini menggunakan alat peraga boneka tangan yang diberi nama ‘Sali’ dan ‘Saliha’, boneka tangan karakter anak-anak muslim. Yang laki-laki memakai topi, yang perempuan memakai jilbab yang bisa lepas pasang.
“Sali dan Saliha mau pergi jalan-jalan, naik odong-odong sama ayah, naik mobil-mobilan juga. Sebelum berangkat mandi dulu, pakai baju yang bagus, lalu pakai bedak biar harum.” 
“Sali dan Saliha pakai baju warna apa ya?” 
“Blue, Mama” 
“Iya, mereka pakai baju warna biru." 
“Sali kemudian berkata pada Saliha: ‘Eh, Saliha belum pakai jilbab. Kata mama anak perempuan harus pakai jilbab’. Tapi Saliha tidak mau pakai jilbab karena dia mau pakai topi. Sali pun menasehatinya: ‘Anak perempuan kalau tidak pakai jilbab nanti maluuuu, nanti Allah marah. Saliha mau dimarahi Allah?’. Saliha tidak mau dimarahi Allah jadi pakai jilbab sebelum keluar rumah.”

Seperti itulah dongeng singkat malam ini, karena Izza seperti kurang tertarik karena terlihat sangat mengantuk. Baiklah, dongeng bisa dilanjut besok atau lusa dan seterusnya.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^^