10.7.18

Game Level #8: Mendidik Anak Cerdas Finansial Sejak Dini - Day 6

Mengumpulkan uang koin
Mengumpulkan uang koin
Setelah membaca buku tentang menabung yang ternyata belum berhasil membuat Izza paham konsep menabung, maka hari ini saya mengeluarkan seluruh celengan toples yang berisi berbagai macam uang koin. Niatnya untuk mengajari Izza bahwa uang yang tercecer itu harus dikumpulkan dan disimpan dengan baik, karena dua hari terakhir ini dia suka membuang benda yang sudah terkumpul rapi. Contohnya karet rambut yang sudah terkumpul dalam plastik dihambur lagi, puzzle yang sudah tersusun rapi dihambur, bola dalam toples dituang ke penjuru rumah. Dia mungkin sedang usil, tapi masalahnya dia tidak mau ikut membantu membereskan semua mainan tersebut, padahal biasanya Izza paling suka membereskan mainan. Endingnya kemarin malam dia menemukan dompet ayahnya tergeletak dan semua isinya dikeluarkan. Jadi harus mengulang lagi memahamkan Izza bahwa barang yang sudah tersusun rapi tidak boleh dihambur lagi. Ya, sounding seperti ini tidak bisa hanya sekali dua kali, harus berpuluh puluh kali untuk membuatnya benar-benar mengerti.

Seperti halnya saat saya mengeluarkan satu toples isi uang koin pecahan 500 perak, langsung dituang olehnya tapi akhirnya mau membereskan lagi. Terulang lagi untuk toples kedua dan seterusnya. Semuanya dituang dan dicampur menjadi satu padahall sudah saya pisah berdasarkan pecahan masing-masing. Karena bentuknya yang hampir sama, Izza masih sulit membedakan nominal uang jadi dia membantu saya mengumpulkan uang sekenanya saja. Asal dia sudah paham bahwa yang tercecer harus dibereskan.

Sambil membereskan uang koin yang tercecer di penjuru ruang tamu, saya terus sounding bahwa uang tidak boleh dibuang tapi harus dikumpulkan dan disimpan. Menyimpan uang dalam tempatnya saya anggap sebagai pengenalan dasar menabung. Kegiatan menuang dan mengumpulkan uang koin menjadi bintang di hari ini, dia senang karena ada banyak koin. Dia senang bisa berhitung, sesekali dia berseru dengan gembira saat uang recehan itu dikeluarkan dari dalam toples. Sampai disini saya stuck, kehabisan ide untuk mengenalkan konsep menabung padanya. Izza lebih senang bermain dengan uang koin tersebut daripada mendengar saya berceloteh tentang menabung. Baiklah, Izza menang hari ini, saya biarkan dia bermain sepuasnya dengan uang koin sebelum akhirnya dia bisa membantu saya mengembalikan toples ke atas meja sesuai dengan tempat asalnya.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^^