10.7.18

Game Level #8: Mendidik Anak Cerdas Finansial Sejak Dini - Day 5

Membaca buku "Aku Suka Menabung"
Membaca buku "Aku Suka Menabung"
Mengenalkan konsep jual beli menggunakan uang saya rasa sudah cukup untuknya, pada dasarnya, dia sudah paham transaksi secara sederhana. Jika ingin membeli barang di toko (Izza sudah paham tentang toko) maka dia akan mengambil barang yang dia inginkan dan membayar dulu. Tentang harga barang, uang kembalian, atau nominal pecahan uang belum paham. Saya agak ragu untuk mengenalkan pecahan uang, karena Izza belum bisa berbicara dengan lancar untuk menyebutkan bilangan uang. Jadi ditangguhkan dulu asal dia bisa membedakan uang dengan kertas lainnya. sembari tetap mengajak Izza dalam segala proses jual beli, kali ini saya ingin mengenalkan konsep menabung. Hmm, menabung dan menyimpan uang bisa dibilang dua hal yang berbeda, ya. Untuk menyimpan uang, Izza sudah paham. Dia akan menyimpan uangnya di dalam dompet atau toples yang saya sediakan agar tidak tercecer dan bisa diambil lagi jika perlu. Saya anggap berbeda, ya, karena menabung adalah menyimpan dan mengumpulkan uang dalam jangka waktu tertentu.

Pengenalan menabung saya mulai dengan membaca buku miliknya yang berjudul “Aku Suka Menabung”, dalam buku tersebut diajarkan konsep sabar. Jika ingin membeli sesuatu tapi tidak punya uang yang cukup maka harus menabung dengan sabar sampai uang terkumpul sesuai dengan nilai yang diinginkan. Secara garis besar, Izza belum paham alur cerita dari buku tersebut, dia lebih tertarik dengan gambar celengan kodok, gambar buku bersampul binatang, dan suara-suara yang keluar dari buku tersebut. Sambil dia bermain dengan e-pen, saya tetap bercerita dengan mengganti tokoh utama menjadi namanya. Sesekali saya bertanya padanya:
“Izza mau beli celengan?”
“Mau, dodok (baca: kodok)”
“Uangnya mana buat beli kodok?”
“Itu, Nda” Sambil menunjuk uang kertas yang ada di atas meja.
“Uangnya kurang, kalau kurang harus nabung dulu”
“Nooo! Nda”
Ya, sesuai bayangan saya, mengajarkan konsep menabung tanpa praktek itu susah. Yang dia tahu adalah dia ingin celengan kodok dan minta uang ke bundanya. 

Tidak masalah jika hari ini dia belum paham arti menabung, yang penting Izza menikmati proses bercerita yang kami lakukan. Besok saatnya bongkar dan mengumpulkan uang koin untuk disimpan di dalam toples. Pelan-pelan saya ingin dia tahu apa itu menyimpan uang dan menabung uang yang dia punya.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^^