22.5.18

Game Level #7: Semua Anak Adalah Bintang - Day 1

Materi level 7 ini seakan menampar saya yang beberapa minggu lalu baru saja terus menerus mengeluh soal Izza yang belum bisa berbicara lancar seperti teman seusianya, atau tidak mau anteng seperti anak tetangga sebelah. Saya sempat kesal dengan segala macam ulah Izza yang ada saja yang membuat saya harus berkali kali membereskan rumah karena hampir penjuru rumah selalu berantakan. Tak jarang mengeluh pada suami atas ulah Izza yang membuat badan remuk redam (lebay, deh) alias capek. Mungkin karena hamil sudah di trimester tiga jadi tenaga saya juga tidak se-energik dulu, gampang capek, yang berujung gampang emosi. Padahal harusnya saya bersyukur ya kalau Izza sedang aktif-aktifnya dan penuh rasa penasaran yang artinya Izza dalam kondisi sehat dan tumbuh kembangnya normal. Harusnya, sih, ya, kadang emosi mengalahkan segalanya.

Materi level ini punya andil besar dalam mengubah persepsi saya tentang bakat dan talenta Izza, pun kilas balik tentang materi cara belajar Izza yang cenderung kinestetik, jadi wajar saja jika dia punya tenaga luar biasa untuk bergerak. Jika diamati, ada 3 hal yang membuat Izza berbinar saat melakukannya yaitu menyanyi, menggambar, dan bergerak. Dari ketiganya, yang paling membuat dia berbinar dan terlihat sangat bahagia adalah bergerak aktif. Mungkin karena dia memang tipe anak kinestetik, jadi semua hal yang dia pelajari diinterpretasikan dengan gerak tubuh. Contohnya, menyanyi pasti sambil menari, bicara sambil menggerakkan tubuh, bermain secara aktif, berhitung sambil menggerakkan jari, dan lainnya. Hanya saja, untuk level ini saya tidak akan mengevaluasi tentang keterampilan fisiknya karena izza sedang dalam kondisi yang kurang sehat, tumbuh gigi secara bersamaan jadi banyak rewelnya. Oleh itu saya akan memilih antara menyanyi (sambil menari tentunya) dan menggambar (bisa juga menulis atau sekadar mencorat coret).


Menggambar
kegiatan 1: Menggambar
Beberapa hari lalu saya sempat mendokumentasikan kegiatan Izza saat menggambar dan menyanyi dalam hari yang sama. Izza paling suka menggambar hewan terutama singa, kura-kura, dan bebek. Meski aslinya Izza meminta saya untuk menggambar lalu dia yang menyebutkan nama hewan, sesekali saya memintanya menggambar meniru contoh yang saya buat. Hasilnya super sekali, coretan-coretan yang kalau orang dewasa pasti menganggapnya sepele tapi sangat berarti untuk Izza. Hari pertama tantangan saya tidak memberikan tema dalam menggambar, semua terserah apa mau Izza, karena saya mau menganalisa terlebih dulu gambar apa yang sekiranya membuat dia antusias untuk diulang terus menerus. Alat yang kami gunakan cukup beberapa lembar kertas dan pensil warna, sekaligus sebagai media untuk belajar warna dan berhitung. Evaluasi kegiatan menggambar macam-macam hewan, bentuk, angka, dan huruf yaitu: Izza lebih antusias menggambar macam-macam hewan lalu menyebutkan namanya dan menirukan suara hewan tersebut.


Kegiatan kedua adalah menyanyi dan menirukan gerakan dalam lagu tersebut. Baru-baru ini saya mengenalkan beberapa lagu islami dalam rangka mengenalkan tauhid dengan cara yang menyenangkan. Lagu yang saat ini sedang disukainya adalah: Asmaul Husna dengan gerakan, Pergi ke Mekkah, dan Satu-Satu Allah Tuhanku. Setiap kali saya menyanyikan lagu-lagu tersebut, Izza akan menirukan dengan bahasanya sendiri yang belum fasih mengucap kalimat secara utuh. Coba perhatikan ekspresinya dalam menyanyi, sungguh membuat bahagia. Semoga suatu saat dia mengerti makna lagu-lagu tersebut. Evaluasinya: Izza selalu semangat saat menyanyi dan tak lupa sambil menggerakkan anggota tubuhnya. Untuk lagu yang ada gerakan, dia akan hafal dengan cepat meski gerakan yang rumit sekali.

Untuk besok, saya akan mulai memilih salah satu dari dua kegiatan tersebut yang membuat Izza benar-benar berbinar, meski agak sulit, karena dua hal tersebut akan kami laukan setiap hari disamping dengan permainan lainnya. Sebenarnya sih sudah terlihat, menyanyi lebih membuat dia senang, tapi jadi PR juga buat saya yang harus menghapal lagu serta gerakan, hehe.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^^