4.4.18

Game Level #6: Menstimulasi Matematika Logis Pada Anak - Day 7

Celengan dan kartu bentuk
Celengan dan kartu bentuk, hasil karya hari ini
Hari ini, meneruskan konsep kemarin yaitu mengenalkan beberapa macam bentuk pada Izza plus mengenalkan warna dalam bentuk tersebut. Kali ini saya sudah ada persiapan yang cukup matang dalam membuat properti, Insyaallah terkonsep dengan baik dan semoga sesuai dengan umurnya. Dalam mengenalkan bentuk, saya membuat 4 macam bentuk yaitu lingkaran, persegi, segitiga, dan persegi panjang menggunakan kertas origami warna-warni dalam jumlah yang cukup banyak. Harusnya sih menggunakan kertas yang lebih tebal karena tujuan saya sebenarnya membuat kartu dalam berbagai macam bentuk tersebut. Sayangnya bahan yang tersedia di rumah tidak cukup memadahi. Lalu saya membuat sebuah celengan dari kardus air mineral yang atasnya diberi lubang sesuai dengan bentuk yang telah saya buat sebelumnya. Jadi celengannya ada 4 lubang yaitu lingkaran, segitiga, persegi, dan persegi panjang.

Cara mainnya pasti sudah bisa dibayangkan, kan? Yaitu memasukkan kartu bentuk ke lubang dengan bentuk yang sama. Cukup tricky mengajak bermain Izza dengan cara seperti ini, bayangan saya Izza akan susah untuk diatur dan main sesuka hatinya karena memang dia kurang sabar. Tapi ternyata Izza mau diarahkan dan mau melihat lubang bentuk sebelum memasukkan kartunya. Di awal permaian, saya singkirkan dulu celengannya, saya hanya mengenalkan kartu bentuk yang dicampur menjadi satu dalam wadah. Pertama, saya ajak dia untuk tebak warna kemudia baru saya kenalkan beberapa macam bentuk tersebut dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Saya selalu menggunakan dua bahasa untuk mengetahui responnya lebih tertarik dalam bahasa apa. Jadinya lingkaran dan persegi diucap dalam bahasa Inggris, segitiga dan persegi panjang dalam bahasa Indonesia.

Saat Izza mulai paham beberapa bentuk, lalu saya ajak tebak bentuk yang ada di lubang celengan kardus. Alhamdulillah dia paham. Selanjutnya bagian paling sensasional, yaitu memasukkan kartu bentuk ke dalam lubang celengan yang sesuai. Awanya saya sendiri bingung memilih diksi yang pas untuk disampaikan ke Izza tentang cara bermainnya. Akhirnya cara yang saya gunakan untuk Izza adalah: saya mengambil kartu bentuk, menyebutnya bentuknya, lalu meminta Izza untuk memasukkan ke dalam lubang celengan yang sama. Awalnya sedikit belepotan cara penyampaian saya, akhirnya dalam beberapa kali main, Izza sudah paham. Bisa dilihat dalam video singkat di bawah ini.


Saat ayahnya pulang istirahat siang pun dicoba bermain bersama Alhamdulillah masih paham. Dari sini, kadang saya masih ragu pada Izza, sebenarnya dia paham atau hafal. Tapi saat saya sengaja tes dengan media yang lain dia pun menunjukkan hasil yang sama benar. Seperti halnya satu hewan dengan berbagai macam bentuk dan warna, dia pun pasti tahu namanya. Insyaallah, anak ini paham, hehe. Permainan hari ini cukup sukses, belajarnya dapat, senangnya juga dapat, berantakan juga makin dapat, hehe. Mungkin Izza ini tipe anak yang suka bercanda dan konyol, saat diajari dengan serius, dia malah bercanda. Seperti saat bermain hari ini, dia sengaja memasukkan semua kartu ke dalam satu lubang sambil tertawa girang sekali. Lalu meminta saya untuk mengambil kartu yang ada di dalam celengan untuk diulang lagi, hehe. Namanya juga batita, umur belum ada 2 tahun, mau duduk manis 5 menit saja sudah syukur.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^^