29.3.18

Game Level #6: Menstimulasi Matematika Logis Pada Anak - Day 1

Saat bermain dengan Izza, rasanya saya jarang mengajarkan tentang matematika yang sesungguhnya yaitu seperti berhitung sederhana atau bahkan yang rumit. Saya baru tahu kalau matematika logis itu termasuk mengenal warna, bentuk, ukuran, dan pemecahan masalah secara logis lainnya yang ternyata selama ini sudah kami lakukan bersama. Saat membaca tahap perkembangan kognitif pada anak di bawah 2 tahun, ternyata Izza belum masuk pada usia yang harus bisa mengerti tentang matematika, tapi tetap ada tahapan kognitif yang harus dilalui.

Tahap perkembangan aspek kognitif yang harus dilalui oleh anak usia 18-24 bulan menurut Standar Nasional PAUD, adalah sebagai berikut:
  • Berjalan dan Pemecahan masalah :
  1. Mempergunakan alat permainan dengan cara memainkannya tidak beraturan, seperti balok dipukul-pukul
  2. Memahami gambar wajah orang
  3. Memahami milik diri sendiri dan orang lain seperti : milik saya, milik kamu
  4. Menyebutkan berbagai nama makanan dan rasanya (misal, garam –asin, gula-manis)
  • Berpikir logis:
  1. Menyusun balok dari besar ke kecil atau sebaliknya
  2. Mengetahui akibat dari suatu perlakuannya (misal:menarik taplak meja akan menjatuhkan barang-barang di atasnya)
  3. Merangkai puzzle
  • Berpikir Simbolik : 
  1. Menyebutkan angka satu sampai lima dengan menggunakan jari

Dari tahap pencapaian di atas, rasanya saya belum perlu untuk terlalu memaksakan Izza agar mengerti matematika, yang penting terus melakukan stimulasi sesuai dengan umurnya. Tentunya stimulasi yang menyenangkan, belajar sambil bermain. Dari ceklist tersebut akhirnya saya membuat ceklis sendiri tentang tahapan yang harus dikenalkan dan dilalui oleh Izza sebelum usia 24 bulan, saat ini usia 21 bulan, antara lain:
  1. Mengenalkan warna dasar (merah, kuning, biru)
  2. Mengenalkan bentuk sederhana (persegi, lingkaran, segitiga)
  3. Menyebutkan nama benda dan panggilan untuk orang
  4. Megenalkan angka secara berurutan
  5. Membedakan ukuran
  6. Merangkai puzzle sederhana
  7. Menggambar bentuk bebas

- Day 1 

Dari semua ceklis tersebut, sebenarnya ada beberapa poin yang sudah dilakukan oleh Izza, sayangnya belum dilakukan secara konsisten karena sifatnya hanya pengenalan. Mulai hari ini akan diusahakan lebih konsisten dan terstruktur agar Izza lebih paham konsep matematika sederhana yang sesuai dengan umurnya. Seperti halnya hari ini, Izza bermain puzzle knob dan menyusun donat dalam tabung. Konsep yang diambil adalah untuk mengenalkan nama benda, warna, dan ukuran ✔


Hari ini saya hanya mengeluarkan 1 buah puzzle knob saja yaitu puzzle buah yang memang sedang menjadi favoritnya (sebenarnya, sih, puzzle lainnya tercecer entah kemana, hehe) lalu memintanya untuk menyebutkan nama buah dan meletakkan pada tempatnya sesuai dengan gambar. Untuk menyebutkan nama buah, Izza sudah hafal meski belum bisa menyebutkan secara jelas dan sempurna artikulasinya. Hanya saja untuk menempatkan puzzle yang sesuai kadang masih salah tempat dan tidak pas. Dari situ, Izza sering marah karena tidak bisa, hmmm, saya memintanya terus berlatih tanpa membantu.

Untuk menyusun donat pada tabung, Izza lebih banyak bercanda karena dari pengamatan saya, Izza paham perintah untuk mencari donat yang lebih besar, sedangkan dia lebih suka bercanda. Jadi, untuk menyusun donat dari ukuran besar menuju kecil masih berantakan. Untuk mengenalkan warna, entah mengapa belum pernah sukses membuat Izza menirukan saya dan dia lebih suka menyebut semua warna dengan “ping”, baru-baru ini ditambah “red”. Padahal saya jarang mengajarkan warna dalam bahasa Inggris, hanya saja dia sering saya kasih video dalam bahasa Inggris, begitulah.

Permainan hari ini ditutup dengan puzzle dan donat yang tercecer lalu Izza mengambil pensil warna dari laci yang tertutup rapat, entah bagaimana caranya mengambil. Dan berlanjut dengan menggambar dan dia meminta saya untuk menirukannya menyebut warna “ping” dan “red”. Akhirnya berlanjut dengan bernyanyi dan dia lari keliling rumah.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^^