4.3.18

Game level #5: Menstimulasi Anak Suka Membaca - Day 4

Pohon Literasi Izza day 4
Pohon Literasi Izza day 4
Hari minggu yang lumayan sibuk dan segala kegiatan meleset dari rencana awal. Sebelumnya, kami sudah berniat untuk ikut CFD di bundaran besar Palangkaraya, apa daya jam 8 pagi Izza baru bangun. Mau tidak mau CFD harus dibatalkan karena sudah terlalu siang, akhirnya beralih ke pasar tradisional untuk berburu ikan segar dan daging sapi. Minggu yang niatnya mau santai berakhir sibuk di dapur, menyiangi beberapa ikan, udang, cumi, dan daging. Dilanjut dengan memasak, padahal harusnya libur masak tapi suami minta semur daging. Ditengah kesibukan saya di dapur, Izza bersama ayanya entah sedang bermain apa. Yang pasti dari dapur terdengar Izza sedang berlari kesana kemari dan berteriak, mungkin bermain dengan kelincinya. Sesekali masuk ke dapur untuk meminta kurma dan minum. Selang beberapa lama suasana berubah menjadi sunyi, tidak ada teriakan Izza ataupun ayahnya. Saat saya intip ternyata mereka berdua sedang asyik membaca buku.

☘ New Home Sweet Home dari Pusataka Lebah

Candid Izza dan ayahnya membaca buku
Candid Izza dan ayahnya membaca buku
Izza dan ayahnya sedang asyik mengisi teka-teki yang ada di buku tersebut, sesekali terdengar ayahnya menerangkan tentang jerapah punya leher dan kaki yang tinggi dengan nada yang pernah saya ciptakan, hehe. Anteng sekali mereka berdua, tidak akan saya ganggu, sebliknya sebaiknya mengabadikan momen langka tersebut. Saya sebut momen langka karena suami memang tidak begitu tertarik dengan buku kecuali buku teknik, dan suami lebih senang beraktivitas fisik dengan Izza. Jadi saat suami dan Izza bisa duduk anteng (sebenarnya tidur tengkurap, hmm) berdua sambil membaca buku adalah sebuah keajaiban. Kali ini saya tidak ikut campur bagaimana ayahnya membacakan buku untuk anaknya, saya biarkan berkreasi yang penting mereka berdua beinteraksi.

☘ Super Seru Mewarnai untuk Anak 2 Tahun dari Cemerlang Publishing
Ini adalah buku mewarnai yang berisi gambar hewan, Izza sendiri yang memilih buku ini saat di toko buku. Sebenarnya, setiap hari, Izza selalu membuka buku ini sekadar untuk mencoret, mewarnai secara acak, atau menyebutkan nama hewan dan bagian tubuhnya. Siang tadi, setalh semua urusan dapur beres, Izza mengambil buku ini di rak dan menunjukkan ke saya gambar kura-kura dan singa. Tidak ada cerita panjang lebar dari saya, cukup dengan cerita singkat tentang singa yang suka mengaum dan kura-kura yang berjalan secara lambat dan suka makan sayuran. Hal ini saya hubungkan pada Izza yangjuga harus makan sayuran agar sehat seperti kura-kura, hehe. Cerita yang aneh tapi Izza excited.

☘ Aku Sayang Allah dari Halo Balita
Selepas makan malam saya mengeluarkan dua buku untuk Izza agar ayahnya bis amakan dengan nyaman dan tidak diganggu. Izza memilih satu buku berjudul Aku Sayang Allah dan mencari gambar jerapah. Saya sendiri masih belum mengenalkan konsep Tuhan secara benar pada Izza, jadi hanya sebatas cara sederhana seperti: sebelum melakukan sesuatu harus mengucap bismillah, setelah makan minum dan bersin ucap Alhamdulillah, waktunya sholat dan mengaji harus wudhlu dulu. jadi cerita yang saya hubungkan dengan buku ini saat Izza mengunjungi Maharani Zoo di Lamongan beberapa minggu lalu. Saya meminta Izza menyebutkan nama hewan yang dia lihat dan yang ada dibuku. Tujuan saya masih sama yaitu menambah kosakatanya. Selesai membaca saya minta Izza ucap Alhamdulillah, kebetulan di akhir halaman buku ada lafaz hamdalah jadi Izza dengan mudah mengikutinya.

Minggu sibuk ditutup hanya dengan 3 buku yang dibaca Izza, sedangkan saya dan suami masih bertahan untuk belum membaca buku sama sekali kecuali Al-Quran. Sebenarnya ingin jadi teladan agar Izza terus semangat membaca, tapi saat saya memegang buku akan langsung diminta oleh Izza, jadi diputuskan saat ini fokus dulu pada Izza.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^^