1.3.18

Game level #5: Menstimulasi Anak Suka Membaca - Day 1

Pohon Literasi Izza
Pohon Literasi Izza
Hari ini saya dan Izza membuat pohon literasi bersama, bahan dan alat sudah disediakan ayah sebelum beliau berangkat dinas ke Banjarbaru. Izza senang, karena bisa bermain dengan spidol, kertas, dan gunting, dia asyik mencoret dan menggunting apapun yang dia temukan. Sedangkan saya pusing membuat sketsa pohon, harap maklum, sejak SD memang paling miskin ilmu tentang menggambar. Setelah satu sketa pohon selesai saya merasa sangat tidak puas dan mengirmkannya pada suami melalui chatting. Suami memaklumi, hanya saya yang kurang percara diri dengan hasilnya. Oleh sebab itu, sementara waktu kami menggunakan sticker pohon jumbo yang sudah tertempel manis di dinding. Saat suami pulang, biarkan beliau yang mengambil alih gambar pohon, hehe. Izza, sih, senang-senang saja karena dia masih bisa terus bermain tebak hewan yang ada di dinding.


Untuk waktu membaca saya bagi menjadi 2 periode, siang bersama bunda dan malam bersama ayah. Hal ini juga untuk antisipasi jika Izza sedang tidak mood untuk memegang buku atau saat dia tidur. Sebenarnya, sih, Izza selalu tertarik dengan buku setiap harinya, hanya saja waktunya yang tidak tentu, masih sesuka dia. Jadi dalam game level ini, kami usahakan untuk membuat jadwal yang lebih teratur. Karena ayah dinas, jadi waktu membaca hanya bersama bunda.

♡ New Home Sweet Home from Pustaka Lebah
Siang hari sebelum tidur siang, Izza tba-tiba mengambil buku berjudul New Home Sweet Home terbitan Pustaka Lebah dari rak yang terbuka dan menunjuk gambar sepeda. Ini merupakan salah satu buku favoritnya, karena kami bisa bermain tebak gambar dengan buku ini. Secara garis besar isi bukunya adalah mengenalkan kosakata tentang benda-benda yang ada di rumah dan di sekitarnya, jadi tidak ada alur cerita. Yang sering saya lakukan adalah mengenalkan satu benda dan menerangkan fungsinya. Seperti halnya tadi saat Izza menunjuk sepeda, langsung dia berlari ke arah sepedanya dan naik turun sendiri.

♡ I Can Brush My Teeth from Disney Junior
Sore hari sebelum mandi, sambil menunggu air yang mendidih, Izza bermain sendiri di ruang tamu sedangkan saya membersihkan rumah. Lalu Izza menghampiri saya dan berkata “Titi... Titi...” sambil memeragakan gosok gigi. Ah, Izza minta sikat gigi. Saya ambilkan lalu dia kembali ke ruang tamu dan bermain dengan sound booknya yang bercerita tentang sikat gigi. Saya sedikit mengalah, saya letakkan sapu dan menemaninya membaca buku. Buku ini cukup menarik karena menggunakan hewan sebagai aktornya, jadi Izza selalu tertarik dengan domba yang ada di buku tersebut. Buku ini merupakan salah satu penyebab suksesnya Izza mau gosok gigi.

Malam hari tidak ada agenda baca buku karena ternyata Izza minta tidur lebih awal, syukurlah, bunda bisa me-time, hehe. Hari ini sebenarnya tidak hanya 2 buku yang dia baca, Izza membuka lemari buku dan mengeluarkan salah satu buku saya serta buku tutorial menggendong menggunakan teknik wrap. Tapi, ya, tidak saya anggap sebagai baca buku, hehe.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^^