7.2.18

Game Level #4: Memahami Gaya Belajar Anak - Day 7

Izza belajar menggunting
Izza belajar menggunting
Hari ini masih sama dengan kemarin kondisinya, Izza masih batuk pilek ditambah cuaca sendu sedari pagi hingga sore. izza sepertinya bosan dengan aktivitas membaca buku, karena buku dan e-epn hanya digunakan sebentar saja tidak seperti biasanya. Saat pagi, kegiatan hampir sama setiap hari, setelah dia sarapan akan ikut ‘membantu’ saya urusan domestik seperti beres-beres alat makan, menjemur cucian atau membereskan ruang tamu yang berantakan dengan mainannya. Setelah itu kalau dia tidak ngantuk biasanya akan saya temani bermain, hari ini jam 9 pagi dia sudah minta mapan, sama seperti kemarin. Tapi sayangnya, saya ikut bablas ketiduran hingga jam 11 siang dan berujung tidak masak untuk makan siang suami dan Izza. Akhirnya minta tolong suami pulang lebih awal untuk membeli makan siang, hehe.

Setelah makan siang dan Izza bermain sebentar sebelum ayahnya ke kantor, Izza kembali bermain bersama saya. Kali ini tenaganya seperti sudah terisi kembali karena mau main di teras dan membawa masuk semua sandal ke ruang tamu. Daripada keterusan membawa masuk semua barang dari luar ke dalam rumah, akhirnya Izza saya ajak untuk belajar mengunting stiker. Gunting yang kami berikan bentuknya kecil dan ujungnya tumpul agar tidak terlalu berbahaya untuknya, meskipun begitu harus tetap dalam pengawasan. Kegiatan menggunting ini menjadi favorit Izza dan bisa membuat dia anteng cukup lama asal bahan yang digunting tersedia dengan melimpah. Kalau tidak begitu, maka dia akan menggunting apapun yang ditemukan. Izza sudah bisa menggunting beberapa minggu lalu setelah latihan berbulan-bulan, meskipun baru bisa menggunting bagian kecil saja. Kali ini menggunting stiker gambar hewan lalu ditempel dibuku mewarnai yang dia punya.

Pada akhirnya, Izza memang belum bisa menggunting mengikuti pola garis yang ada di kertas, dia masih menggunting sesukanya terutama di bagian pinggir kertas saja. Untuk menempel stiker saya berikan contoh satu kali mulai dari melepas skiter dari kertas lalu ditempel di bukunya. Izza masih belum bisa melepas stiker dari kertasnya, otomatis dia menyerahkan stiker tersebuat pada saya dengan tujuan minta tolong untuk dilepas. Kemudian dia yang menempel stiker di buku, dan da ketagihan untuk menempel stiker, haha. Kegiatan menempel stiker ini memang baru hari ini saya kenalkan, jadi dia cukup tertarik untuk menggunting dan menempelkan stikernya. Sebelumnya dia hanya melihat saya menempel isolasi pada buku yang sobek, sekarang kalau dia melihat isolasi yang tergeletak akan lengsung meniju rak untuk mengambil gunting. Melihat wajahnya begitu senang dan ceria saat berhasil menggunting dan menempel rasanya membuat saya terharu. Hanya dengan aktivitas sederhana seperti itu bisa membuat dia bahagia. Kadang saya merasa bersalah karena hanya bisa memberikan aktivitas yang itu-itu saja, tapi emlihat reaksinya rasanya puas.

Hasil pengamatan pada kegiatan hari ini tentang gaya belajar yang digunakan Izza adalah kinestetik-visual. Kali ini kinestetik ada di urutan pertama karena dia selalu praktek apapun yang dilihatnya. Ciri yang terlihat cukup jelas adalah: belajar dengan praktek, menghafal dengan melihat, dan menyukai permainan yang meyibukkan. Sampai pada hari ke-6, gaya belajar Izza semakin menonjol sisi kinestetiknya, bisa jadi karena memang anak usia di bawah 2 tahun lebih banyak dan butuh motorik gerak jadi lebih cenderung kinestetik. Untuk hal ini akan terus dilakukan pendampingan hingga balita dan dilihat perkembangannya.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^^