1.2.18

Game Level #4: Memahami Gaya Belajar Anak - Day 1

game level 4 day 1
game level 4 day 1
Alhamdulillah masuk materi dan tangan level 4 memahami gaya belajar anak dan mendampingi dengan benar. Sesuai dengan materi, tiap orang mempunyai 3 macam gaya belajar yaitu auditori, visual, dan kinestetik yang masing-masing orang bisa memiliki salah satu gaya belajar saja atau campuran dari dua gaya. Dari materi yang saya pahami, saya belajar ini harus ditemukan sejak dini, sejak anak masih kecil agar tepat saat pendampingan. Orang tua tidak memaksakan gayanya ke anak, tapi harus menyesuaikan dengan gaya anak. Oleh itu, tantangan level ini, orang tua mengamati gaya belajar anak dan dicocokkan dengan masing-masing cirinya. Sejauh ini, sedikit banyak saya sudah menemukan gaya belajar Izza yaitu kinestetik, tapi saya merasa belum melakukan pendampingan dengan benar. Kadang masih memaksakan apa yang saya mau padanya saat bermain atau belajar. Kadang, saya tidak bisa menerima cara Izza yang saya anggap tidak pas dengan hati saya. Ini salah, oleh itu dengan tantangan ini saya ingin tercipta keharmonisan antara Izza dengan orang tuanya.

Kegiatan hari ini tidak ada yang spesial, masih sama seperti biasanya dan saya pun tidak membuat proyek/permainan khusus untuk Izza. Dimulai saat pagi aktivitas yang dia lakukan saat saya masak adalah menonton musik anak di youtube. Karena jarak dapur dan ruang TV tidak jauh jadi saya masih bisa melihat aktivitasnya tentunya mendengarnya karena saya masih terus mengajak Izza berdialog. Dari sapur terlihat Izza sedang menirukan gerakan tarian yang ada di TV, sesekali terdengar suara seperti sedang bernyanyi. Itulah Izza, jika ada musik maka seluruh badannya akan bergerak, bergoyang sesuai dengan irama dan lirik. Izza akan lebih banyak bergerak menirukan tarian dariapa bernyanyi. Dan, Izza dapat dengan cepat mengingat seluruh gerakan yang pernah dia lihat daripada liriknya, mungkin karena Izza juga belum bisa bicara jadi hanya bergumam sambil bergoyang. Dari aktivitas menari dan menyanyi dengan menirukan ini dapt ditarik kesimpulan bahwa Izza belajar dengan gaya kinestetik-visual. Cirinya yang terlihat adalah: belajar melalui praktek, mengingat apa yang dilihat, suka gerakan (demonstrasi), dan suka musik.

Kegiatan selanjutnya adalah membaca buku. Seperti biasa, Izza akan dengan cepat membalik halaman buku mencari bagian yang dia suka dan sesekali menirukan gerakan yang ada di buku. Yang paling dia suka saat ini adalah saat melihat gambar kran air lalu dia akan menirukan gerakan cuci tangan dan wudhu. Izza tidak suka saya ikut campur atau membaca untuknya, maunya mandiri. Dari kegiatan ini dapat dilihat gaya belajarnya juga kinestetik-visual dengan ciri: menggunakan jari saat membaca, menirukan gerakan di buku, lebih suka membaca sendiri.

Selebihnya kegiatan biasa, bermain ini itu karena Izza termasuk anak yang cepat bosan jadi pasti akan dengan cepat berganti-ganti permainan yang akan terus membuatnya sibuk. Ada satu hal lagi yang menunjukkan bahwa gaya belajar Izza adalah kinestetik. Saat dia minta susu, sudah tidak mau dibantu lagi untuk menusuk sedotan, dia ingin melakukannya sendiri, kotak susu dan sedotan tidak boleh disentuh. Dia akan berusaha sampai sedotan masuk ke kotak susu. Untuk hari pertama ini kesimpulan awalnya sama seperti pengamatan saya sebelumnya, gaya belajar Izza adalah kinestetik.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^^