17.1.18

Game Level #3: Melatih Kecerdasan Anak - Day 8 (Mengenal Nama Hewan)

❣ Hari ke – 8 : Mengenal Nama Hewan

Pagi ini Izza imunisasi DPT Booster dengan efek lengan bengkak dan sedikit deman, jadi saya tidak membuatnya terlalu banyak aktivitas yang bergerak. Karena belum ada permainan yang saya siapkan, jadi saya mengajaknya untuk membca buku pilhannya sendiri. Izza memilih buku kumpulan gambar hewan yang isinya segala macam jenis hewan darat, laut, kutub, padang pasir, dan sebagainya. Buku ini salah satu dari paket pusataka lebah yang merupakan favoritnya. Kami baru membuka buku tersebut selepas Izza tidur siang jadi agak sore karena paginya saya fokuskan dia untuk istirahat saja. Alhamdulillah panasnya tidak begitu tinggi jadi Izza mash ceria pasca imunisasi.

Dari satu buku ini, Izza paling sering mengeluarkan kata pertanyaan “Ni papa? (read: Ini apa?)” dan menyebutkan nama hewan satu per satu. Jadi sebenarnya permainan hari ini hanya mengulang hari – hari sebelumnya saja sambil mengasah kemampuan Izza berbicara dan menyebutkan nama hewan. Harapannya, sih, Izza bisa menyebutkan salah satu nama hewan dengan lengkap bukan suku kata terakhir saja, hehe. Sejauh ini, nama hewan yang paling fasih diucapkan itu jaja (gajah), japapa (jerapah), aba-aba (laba-laba), toto (kodok), iyong (lion), dan beberapa nama hewan lainnya. meskipun belum bisa menyebut secara jelas tapi Alhamdulillah Izza cukup paham gambar hewan meski dari buku yang berbeda degan bentuk gambar yang berbeda pula. Practice makes perfect, right? Jadi harapannya, semakin sering Izza mengucap nama-nama hewan tersebut maka akan semakin fasih.


Hal lain yang dia suka saat membaca buku ini ada dengan main tebak gambar. Caranya, saya akan menunjuka beberapa nama hewan dengan jari telunjuk, lalu menunjuk untuk yang kedua kali dengan jarinya. Baru yang ketiga saya meminta Izza untuk mencari gambar hewan yang saya sebutkan. Pada permainan ini, Izza lebih sering dengan gaya khas cengengesannya tapi itu yang membuat dia semakin semangat. Di sela-sela kami bermain tebak gambar secara tiba-tiba dia akan menunjuk gambar lain sambil bertanya “apapa? (read: ini apa?)” secara acak dan berulang lalu tiba-tiba tertawa kegirangan. Inilah yang saya harapkan dari sebuah permainan sambil belajar dengannya. Izza senang, semangat, dan ceria tapi bisa memahami apa yang saya ajarkan.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^^