14.1.18

Game Level #3: Melatih Kecerdasan Anak - Day 3 (TV dan HP)

➤ Hari ke – 3 : Izza dan TV atau HP

Masih seputar singing along, kali ini menggunakan sarana TV atau ponsel. Pada tantangan level 2, saya sering membagikan video saat Izza melihat video dari youtube atau acara TV saat makan agar dia tenang dan tidak klayapan. Kesalahan awal memang ada di saya saat awal mpasi mengenalkan youtube agar anteng, jadinya keterusan sampai sekarang. Tapi ternyata, ada manfaat lain yang bisa saya ambil dari video-video tersebut selain membuat Izza anteng. Izza banyak belajar kosakata dari video yang dilihatnya. Meskipun belum bisa mengucapkan dengan benar, tapi dia sudah paham maksud dari kata tersebut. Satu hal yang harus saya lakukan sebelum Izza nonton youtube yaitu: dia tidak boleh melihat bagaimana saya menekan tombol remote TV atau membuka aplikasi youtube dari HP. Nyatanya, Izza cepat sekali menangkap gerakan tangan saya saat melakukan sesuatu dan dengan sangat mudah menirunya. Jadi tujuannya agar Izza tidak bisa mengganti channel secara mandiri, tapi harus melalui tangan saya.

Syarat mutlak saat memberikan Izza TV dan HP yaitu sebisa mungkin harus didampingi. Jika memang terpaksa ya ditinggal sambil saya tetap mengajaknya terus berdialog. Dari acara TV, channel yang selalu dia lihat dan membuatnya tertarik adalah Nat Geo Wild dan Baby First, dari youtube adalah lagu anak. Izza sangat suka dengan dunia binatang dan lagu anak-anak, wajahnya akan langsung berbinar ceria jika bertemu dengan dua hal tersebut. Seperti halnya kemarin saat bersama ayahnya tidak sengaja memilih TVRI ada anak-anak yang sedang menyanyi, dia langsung berdiri dan menggerakkan badannya. Izza memang sangat mudah menirukan gerakan, PR saya dan suami adalah agar Izza mau bergumam menirukan lirik lagu tersebut. Hal yang kami lakukan adalah ikut bernyanyi bersama dan terus mengulangnya. Biasanya satu lagu bisa diulang sampai 5 kali agar Izza familiar dengan kata-katanya, tentunya dengan gerakan.


Seperti pada video di atas, kami sesekali ikut bernyanyi saat Izza fokus melihat acara TV tersebut. Saat melihat channel Nat Geo Wild akan lebih banyak dialog karena Izza lebih banyak bertanya tentang apa yang dilihatnya. Tak jarang, saya menarasikan sebuah cerita pendek saat melihat adegan beberapa binatang, (misal ada monyet bergelantungan, maka saya akan menceritakan: “Itu monkey, waahhh, monkeynya main ayunan. Izza mau main ayunan?”).  Jika lagu tersebut sering diperdengarkan ke Izza maka dia akan mudah mengikuti irama lagu dengan lirik bahasanya sendiri. Sejauh ini, sudah ada beberapa lagu anak dan doa-doa yang mampu dia ikuti meski dengan kosakata yang tidak begitu jelas. Don’t judge me kalau saya mengijikan Izza nonton TV atau HP, kami punya pertimbangan sendiri dan yang jelas tidak ingin menyesatkan anak kami. Dengan melihat orang lain, meski dari layar, kami berharap Izza bisa belajar banyak kata baik Indonesia atau English dan Arabic tidak hanya dari saya dan suami.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^^