10.1.18

Game Level #3: Melatih Kecerdasan Anak - Day 1 (Membaca dan Mendengarkan Cerita)

Alhamdulillah, akhirnya menuliskan tantangan BunSay level 3 yaitu tentang “pentingnya meningkatkan kecerdasan anak demi kebahagiaan hidup” setelah terlambat 6 hari. Beberapa hari lalu Izza sakit hingga harus rawat inap beberapa hari, jadi saya memutuskan untuk pending dulu membuat tantangan dengan Izza. Dua hari lalu, setelah Izza kontrol dan semua dinyatakan normal, saya dan suami mengadakan “meeting” mendadak mengenai proyek yang akan kami kerjakan bersama. Ya, proyek ini akan kami kerjakan bersama satu keluarga inti dan suami pun setuju untuk turut membersamai Izza meski tidak lama. Kami memutuskan untuk memilih hanya satu kecerdasan yang akan diasah dalam beberapa minggu ini atau mungkin beberapa bulan ke depan, tanpa meninggalkan kecerdasan lainnya. Karena pada prakteknya, semua kecerdasan bisa diasah dalam satu proyek. Kecerdasan yang ingin kami asah lebih dalam pada Izza adalah linguistic atau kecerdasan bahasa.

  • Gagasan: Di usianya yang menginjak 19 bulan, Izza sudah paham setiap kalimat perintah, pernyataan, dan pertanyaan yang saya ajukan padanya. Sudah mengerti dan memberikan respon sesuai dengan harapan saya meskipun saya memberikan kalimat yang kompleks. Bahkan beberapa kalimat dalam bahasa Inggris pun dia sudah paham. Hanya saja, Izza lebih suka merespon dengan tindakan daripada kata atau kalimat. Dalam pengamatan saya, Izza memang lebih cenderung kinestetik, semua hal akan disertai dengan gerak tubuh. Kosakata yang dia miliki cukup banyak, hanya saja belum bisa mengucapkan secara jelas dan sempurna, misal: minum diucap inu; duduk diucap dudu, kerja diucap keja, (dalam hal ini saya membandingkan dengan teman seusianya yang bisa mengucap kata dengan jelas, memang perkembangan tiap anak berbeda,  tapi saya tidak ingin Izza mengalami speech delay).
  • Sasaran: Bisa mengucap satu sampai tiga kata dengan jelas.
  • Sarana: Buku, flashcard, boneka, lagu anak, dan semua mainan yang ada di rumah.
  • Pelaksana: Ayah dan bunda
  • Waktu: Mengikuti jam biologis Izza dan sesukanya. Pagi dan siang dengan bunda, malam dengan ayah.
  • Judul Proyek: Meningkatkan kecerdasan bahasa Izza.

➽ Hari ke – 1 : Membaca dan mendengarkan cerita

Sebernarnya, proyek ini sudah dimulai sejak kemarin dan saya fokuskan pada satu sarana yaitu buku cerita dengan electronic pen. Izza mempunyai beberapa buku, mulai dari buku bergambar hingga yang isinya tulisan, dia pun teratik pada dua-duanya. Jika buku bergambar maka dia akan bergumam sendiri, jika buku dengan tulisan maka meminta saya untuk membacanya. Alhadulillah Izza termasuk anak yang mudah suka dengan buku jadi lebih gampang buat saya. Hanya saja, Izza masih semaunya kadang hanya dibolak balik, kadang berhenti pada gambar tertentu. Dan saat berhenti itulah saya mengenalkan beberapa gambar misalnya hewan dan meminta Izza untuk menirukan saya. Tidak mudah mengajar Izza yang punya gaya bebas dan suka cengengesan. Tapi anehnya, jika saya mengulang bertanya di lain waktu, dia sudah paham.

Saat pagi dan siang Izza menedengarkan cerita menggunakan electronic pen, favoritnya. Alat ini saya beli dengan tujuan agar dia bisa mendengar suara selain suara saya dan ayahnya, karena pada e-pen tersebut ada berbagai jenis suara termasuk suara binatang dan alat rumah tangga. Alhamdulillah dia mau menirukan beberapa kata meskipun belum jelas seperti pada video di bawah ini:

Izza membaca cerita dengan ayah di malam hari
Izza membaca cerita dengan ayah di malam hari


Malam hari tadi, Izza membaca cerita bersama ayah. Izza sendiri yang memilih bukunya dan langsung menunjuk beberapa gambar hewan. Tapi tidak berlangsung lama, karena tiba-tiba buku dimasukkan lagi ke lemari dan mengajak saya ke kamar. Di dalam kamar dia mengajak saya menyanyi, hehe. Lagu yang dia suka saat di kamar adalah one little finger sambil menggerakkan jarinya. Okelah, sesuka Izza, tidak boleh ada paksaan. Pada hari pertama ini memang belum ada kemajuan dalam hal kosakata, tidak masalah. Yang penting Izza sendiri ada kemauan untuk mengucapkan kata tersebut dengan bahasanya.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^^