7.12.17

Game Level #2: Melatih Kemandirian - Day 8 (Makan Sendiri)


Laporan meletih kemandirian untuk beres-beres disudahi dulu 7 hari saja sambil tetap diterapkan. Laporan hari ini tentang melatih Izza makan sendiri. Saya memang bukan ibu aliran BLW alias makan sendiri karena Izza termasuk anak yang susah makan jadi lebih banyak saya suapi. Meskipun doyan dengan suatu makanan atau cemilan tidak bisa dalam jumlah banyak. Tapi untungnya dia sudah terbiasa dengan menu makanan keluarga dan mulai saya kenalnya dengan berbagai macam cemilan. Saya bukan ibu yang strict terhadap makanan, boleh saja makan apa saja asal tetap dibatasi atau sekada incip-incip, hehe. Sejauh ini cemilan yang Izza suka itu onde-onde, roti kering, dan kerupuk. Sedangkan makanan utama favoritnya itu kentang, wortel, tofu, dan mie goreng.

Sampai Izza usia 17 bulan ini lebih banyak say asuapi daripada makan sendiri untuk makanan utama, sedangkan untuk cemilan selalu makan sendiri. Beberapa kali pernah saya biarkan makan sendiri hasilnya memang dimakan tapi lebih banyak yang dibuang berantakan, masuk ke gelas, nyangkut di rambut, ada juga yang disuapkan ke saya atau boneka. Kadang jika dia terlihat bosan saat makan, maka saya akan memberikan piring dan sendok untuknya jadi dia ikut makan tapi tetap lebih banyak digunakan untuk bermain. Kebiasaan kurang baik lainnya saat makan adalah harus sambil nonton TV atau youtube. Kebiasaan ini memang saya yang menciptakan saat umur 10 bulan Izza mogok makan parah dan saya berusaha untuk membuatnya anteng duduk di kursi. Saya paling anti memberi makan anak sambil gendong, lari-larian, atau keliling komplek seperti saran beberapa orang. Izza harus makan di dalam rumah dan harus duduk. Tapi bagaimanapun juga kebiasaan makan sambil nonton ini harus saya pangkas.

Untuk hari ini, saya mencoba memberikan mie goreng sayur saat makan siang, alasan memilih mie karena lebih mudah dipegang dengan tangan dan mudah dibersihkan. Mie juga favoritnya jadi pasti tertarik. Sukses tidak sukses, sih, Izza mau makan tapi tidak dihabiskan jadi sisanya saya kembali menyuapinya sambil dia menari mengikuti musik di yutub. Saya membiarkan makan sendiri hanya saat makan siang saja, untuk sarapan dan makan malam saya kembali menyuapinya. Saya sedih jika tidak banyak makanan yang masuk ke perutnya, jadi mungkin tantangan ini akan berat untuk saya sendiri padahal Izza sering minta makan sendiri.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^^