3.12.17

Game Level #2: Melatih Kemandirian - Day 4 (Tidy Up)

Masih berlanjut dengan melatih kemandirian dalam hal membereskan mainan atau buku yang menurut saya sudah menunjukkan kemajuan. Izza sudah tahu posisi awal barang yang diambilnya dan bisa mengembalikan ke tempat meski belum bisa benar-benar menata rapi. Izza sudah paham kalimat perintah “dibereskan” atau “dikembalikan” sehingga tidak perlu mengulang kalimat perintah tersebut secara berulang kali. Sayangnya hari minggu ini saya, suami, dan Izza tidak banyak melakukan aktivitas di dalam rumah sehingga Izza tidak menyentuh mainannya sedikit pun. Semua mainan dan buku masih tertata rapi di tempatnya. Hampir saja saya tidak membuat rapor melatih kemandirian untuk hari ini, tapi saya jika bolong sehari. Tapi mengeluarkan mainan dan buku di malam hari lalu membuat seakan Izza beres-beres pun tidak bisa. Jadi untuk hari ini akan saya tulis seadanya.

Sore hari, Izza ikut saya pengajian di rumah tetangga seperti biasanya dia selalu ikut kemanapun saya pergi. Seperti anak batita pada umumnya, sellau ingin tahu dan mengambil apa yang ada di hadapannya. Seperti halnya tadi, Izza mulai ambil beberapa minum air mineral gelas dan diberikan kepada saya. Lalu saya mengatakan untuk mengembalikan. Ternyata Izza tidak mengembalikannya tap malah memberikan gelas-gelas tersebut kepada ibu-ibu lainnya. Hmm, boleh sedikit bangga karena dia punya rasa berbagi. Beberapa saat kemudian Izza mengambil kotak tissue, saya pun meminta untuk dikembalikan. Alhamdulillah, Izza paham meski tidak dikembalikan ke posisi awal melainkan diberikan pada tuan rumah, hehe.

Harusnya cerita hari ini cukup sampai disitu saja, tapi malam harinya Izza membongkar isi lemari dapur dan membawanya ke penjuru rumah. Mulai dari ke kamar hingga musholla. Ya,Izza paling suka bermain dengan alat dapur saya, kadang saat saya masak pun alat dapur bisa membuat dia tenang. Padahal sudah dibelikan alat dapur mainan tapi tidak begitu tertarik, hehe. Saya pun mencoba mengejar momen dan mengambil video saat Izza mengembalikan beberapa alat dapur (Cerita di balik layarnya, saya harus berlari ke kamar untuk mengambil ponsel demi membuat video, hehe). Seperti yang say atulisa di awal, Izza semakin paham arti membereska dan mengembalikan ke posisi awal. Meskipun setelah menutup pintu lemari, ternyata dia masih tertarik untuk membuka pintu lainnya. Saya sendiri masih menganggap wajar untuk usia anak 17 bulan, yang penting dia sudah paham perintah yang saya katakan. Berikut videonya:

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^^