12.11.17

Game Level #1: Komunikasi Produktif - Day 11

Tantangan 10 hari game level 1 materi komunikasi produktif telah terlewati. Tapi saya terlanjur terbiasa dengan kandang waktu yang saya sediakan untuk menulis yaitu di malam hari setelah Izza tertidur lelap dan rumah beres. Untuk hari ini, aktivitas terlalui dengan sangat produktif karena di rumah ada pengajian ibu-ibu komplek selepas dzuhur. Mau tidak mau saya dan suami bahu membahu dan saling bekerja sama untuk menyiapkan acara tanpa bantuan tentangga. Untuk pengajian siang tadi, saya sengaja pesan makanan jadi tidak terlalu repot seperti pengajian sebelumnya. Jadi yang kami lakukan hanya membersihkan rumah termasuk mencuci 2 lusin piring, menyiapkan cemilan, dan bergantian membersamai Izza.

Komunikasi antara saya dan suami juga terjalin sangat produktif sehingga pekerjaan selesai sebelum waktunya. Mungkin karena pressure yang membuat kami bekerja dan bicara secara produktif. Contohnya seperti percakapan pagi tadi:

Saya: (Masak untuk sarapan Izza dan kami berdua) “Mas, tolong pindahkan sofa ke belakang, ya!” 
Suami: (Tanpa ba-bi-bu langsung gerak memindahkan kursi TV ke teras dan memindah sofa ke ruang TV. Lalu langsung nyapu dan ngepel seluruh rumah dan menyiapkan karpet untuk pengajian.)

Setelah masakan beres, saya menyuapi Izza dan meminta suami untuk mandi lalu sarapan, tapi suami lebih memilih sarapan dulu, hehe. Sambil menunggu pesanan makanan datang, saya bermain dengan Izza dan suami lanjut membersihkan teras dan halaman depan. Saat makanan datang, untung saja Izza mulai mengantuk jadi saya menidurkannya lalu lanjut di dapur.

Saya: “Mas, minumnya tinggal setengah kardus.” 
Suami: “Iya habis ini sekalian beli semangkan sama jeruk.” 
(Saat saya menyiapkan makanan, suami keluar untuk membeli air minum, semangka, dan cemilan. Alhamdulillah, semuanya siap tersaji sebelum ibu-ibu datang. Bahkan saya sempat mandi dan buat alis, hehe.)

Malam hari sekitar jam 8 malam, saat saya menidurkan Izza, suami turut serta di samping saya sambil sedikit ngobrol lalu terjadilah sedikit gesekan.

Saya: “Mas, aku jangan boleh ketiduran, ya. Piring di belakang belum tak angkat. Seragammu belum tak setrika.” 
Suami: “Besok lagi aja, besok pakai baju putih gak apa kalau gak sempat setrika.” 
(Dari kalimat itu saya sangat sadar dan tahu kalau suami ingin saya istriharat, karena semua cucian piring dan alat lainnya saya sendiri yang mengerjakan selepas maghrib tadi. Tapi dalam hati masih ada perasaan yang mengganjal karena pekerjaan domestik mash ada yang belum selesai.) 
Saya: “Hmm.. gak apa ta pakai baju putih?” 
Suami: “Gak apa, istirahat dulu.” 
Saya: “Kalau gitu jangan biarkan aku tidur dulu, aku belum nulis.” 
Suami: “Katanya cuma 10 hari?” 
Saya: “Maksimal 15 hari kalau mampu, mas.” 
Suami: “Dimanipulasi bisa, gak?” 
Saya: “Manipulasi piye maksudnya?” 
Suami: “Nulisnya sekali aja untuk beberapa hari, biar gak tiap hari nulis.” 
Saya: “Aduh, kok ngajari jelek? Kan real time, susah manipulasinya. Ya, bisa aja, sih, tapi eman-eman kan ilmunya.” (Nada bicara agak nyolot) 
Suami: “Ya gak ngajari jelek. Kan Mas cuma nanya, kali aja bisa.” 
Saya: “Hmmm...” 
Suami: “Kalau gak sesuai hati nurani ya, jangan dilakukan. Yawis tak temeni melek.”

Setelah Izza benar-benar lelap saya mengambil leptop dan mulai membuat tulisan ini. Lalu suami mengikuti dan tiduran di depan TV sambil mendengarkan ceramah di youtube. Jujur saja, suami selalu menemani saya menulis hingga jam berapapun, dalam kondisi apapun. Kadang beliau masih segar jadi saya nulis sambil ngobrol dengannya. Kadang menemani sambil main HP, atau kadang sampai tertidur. Akhirnya setelah tulisan ini selesai saya meminta suami untuk tidur lebih dulu. Saya tahu maksud suami meminta agar kami bisa istirahat lebih cepat karena seharian tadi sudah bekerja tanpa henti. Tapi, ya, hati saya berkata kalau saya ingin menulis hingga terjadi sedikit gesekan tadi. Nyatanya, komunikasi produktif itu harus dikontrol dari diri sendiri lebih dulu, redam emosi dan pilih diksi semanis mungkin.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^^