30.3.16

ASI Keluar Saat Hamil

Asi Keluar Saat Hamil – Alhamdulillah usia kehamilan saya saat membuat postingan di hari ini adalah 28 minggu 3 hari yang berarti sudah masuk 7 bulan. Tapi saya tidak akan bercerita tentang kondisi janin maupun ibu hamil seperti biasanya, kali ini saya ingin bercerita bahwa asi saya sudah keluar saat hamil! Iya, air susu ibu sudah keluar meski saya belum melahirkan si anak semok. Memang, sih, saya sudah banyak mendengar bahwa ibu hamil pun bisa mengeluarkan asi tapi ya tidak lantas percaya karena belum mengalami sendiri. Kira-kira saat usia kehamilan 24 minggu secara sengaja saya memencet bagian (maaf) puting kanan dengan tujuan membersihkannya dari daki, eh ternyata keluar buliran putih kekuningan, tidak banyak hanya beberapa titik saja dan bagian kiri pun belum keluar apa-apa saat saya memencetnya. Dua hari kemudian ternyata puting bagian kiri juga mengeluarkan air putih kekuningan yang konon disebut dengan kolostrum. Kalau kolostrum sudah keluar bagaimana dengan jatah anak semok nanti? Kalau kolostrum habis bagaimana?

Memang tidak setiap hari asi tersebut keluar, mungkin dua atau tiga hari sekali jika saya iseng memencetnya, tapi ada rasa takut kolostrum akan habis jika terus dipencet. Akhirnya saya biarkan pun tidak membersihkan area payudara seperti biasanya. Sejak keluarnya asi tersebut, payudara menjadi lebih sensitif dari biasanya, rasa nyeri dan nyut-nyutan semakin menjadi sepanjang hari. Karena penasaran  dan menghempas rasa was-was, saya bertanya pada bidan saat jadwal kontrol perihal asi keluar saat hamil dan nyerinya payudara.


Menurut bidan saya, merupakan hal wajar jika asi sudah keluar saat hamil, biasanya produksi asi memang dimulai di trimester kedua, bahkan beliau menambahkan bahwa hal ini adalah kabar yang cukup bagus karena berarti hormon saya bekerja dengan normal (maaf lupa nama hormonnya, hehe). Asi yang keluar sebelum melahirkan biasanya bersiifat encer dan bening atau agak kekuningan yang disebut kolostrum. Tidak perlu kuatir jika kolostrum akan habis, karena hormon akan tetap bekerja dan kolostrum akan tetap tersedia sampai melahirkan nanti. Perihal payudara yang nyeri itu juga hal wajar itu berarti hormon sedang memroduksi asi asal nyerinya tidak hanya dibagian tertentu saja dan tidak terjadi pembengkakan. Alhamdulillah, kabar baik utnuk anak semok kalau bundanya sudah bisa produksi asi selama hamil.


Baca Juga : Kehamilan 23 Minggu

Bidan menyarankan agar rutin memijat area payudara kecuali bagian puting (karena bisa memicu kontraksi janin) secara perlahan agar peredaran darah lancar sehingga kelenjar susu bisa bekerja dan mengurangi rasa nyeri. Memijatnya bisa menggunakan minyak zaitun atau baby oil agar lebih mudah dan membantu kulit dada terhindar dari stretchmark. Sebaiknya juga rajin membersihkan area puting dengan sangat halus jika asi sudah keluar agar puting tidak tersumbat dan tetap lancar. Itulah penjelasan bidan saya, hal yang saya alami ini belum tentu dialami oleh ibu hamil lainnya karena produksi hormon setiap ibu hamil berbeda dan tidak perlu kuatir jika asi belum keluar. Insyaallah semua ibu bisa mengeluarkan asinya, tutur beliau. Ada wanita yang usia hamil 6 bulan asinya sudah mengucur lancar, ada yang 2 hari setelah melahirkan baru keluar, dua kondisi tersebut wajar saja. Selain faktor hormon, faktor asupan gizi dan kondisi psikis ibu hamil ternyata berpengaruh pada produksi asi (kata bidan, lho). Selama hamil ini saya tidak pernah rewel soal makanan, apa saja dilahap dan jika kalian ingin tahu, bobot saya sudah naik total 11 kilo, hehe. Intinya sih, saya makan agar anak semok juga kenyang dan dapat gizi terbaik, masalah psikis sedang baik atau tidak yaaaa tergantung mood. Siapa yang bisa menebak emosi ibu hamil? Itulah cerita saya hari ini tentang asi keluar saat hamil dan Alhamdulillah hingga sekarang si asi juga masih keluar meski belum banyak, semoga semua ibu hamil dan menyusui bisa memberikan yang terbaik untuk buah hatinya.


19 comments:

  1. Dulu jg saya gt... Sejak 7 bln, tiap breastmassage suka keluar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ASInya langsung lancar ya mba pas lahiran?

      Delete
  2. sekarang saya hamil 36 minngu mbak, keluar juga air kekuningan kalo puting di pencet.... waktu anak kedua juga gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa.. ALhamdulillah.. pasti sudah lahiran ini :)

      Delete
  3. Saya malah pas awal kehamilan susah keluar asinya rada bkn depresi hehehe kalau udh keluar pas hamil malah bagus mbak jd enak entar pas nyusuinya

    ReplyDelete
  4. Emmmm... Ikut seneng baca tulisan ini. Selamat yaa bumil.. Asinya udah keluar selama hamil tuh emang sesuatuuu... Si bebi semok pasti juga bahagia karena bundanya sayang sama dia ;)
    Selamat menunggu kehadiran yg tersayang ya, Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe makasih banyak ya mbaa.. semoga nanti lancar semuanya :)

      Delete
  5. Wah bersyukur banget ya asinya lancar, hormon prolaktinnya bagus. Aku malah pas nggak lagi hamil masih suka keluar asinya, makanya kadang suka pegel juga payudaranya karena masih produksi asi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak bersyukur banget, semoga nanti abis lahiran makin lancar ngucurnya

      Delete
  6. ASI ku keluar setelah bayi lahir...itu pun setelah diisap si bayi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gapapa mbak yg penting lancar ngucurnya :)

      Delete
  7. Alhamdulillah ^^
    Ia putingnya rajin dibersihkan Yu biar gak tersumbat kalau soal streachmark mah idem deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. haahah strecthmark emang musuh semua bumil ya mbaaa

      Delete
  8. Semoga selalu sehat dan kuat

    ReplyDelete
  9. Jadi pengen cepet-cepet punya anak, kalau baca cerita tentang kehamilan,,

    ReplyDelete
  10. Semoga nanti nya bisa memberikan asi ekslusive yaaa

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^^