28.2.16

Kehamilan 23 Minggu

Kehamilan 23 Minggu - Alhamdulillah sudah hampir masuk ke usia kehamilan 6 bulan, rasanya waktu berjalan begitu cepat karena sepertinya baru saja kemarin melihat testpack bergaris dua. Niat awal kami adalah kontrol kandungan saat pas 24 minggu alias 6 bulan, tapi kondisi saya sedang lemah karena batuk pilek. Treatment yang saya lakukan saat batu pilek adalah minum air mineral sebanyak mungkin dan honey plus lemon shot setiap pagi dan sore. Sayangnya hidung mampet sehingga membuat susah bernapas dan kondisi tubuh benar-benar lemas, ditambah lagi gerakan janin menjadi pasif saat saya sakit. Akhirnya suami memutuskan untuk kontrol kandungan sesegera mungkin.

Kontrol kandungan di obgyn saya ini antara suka dan tidak, karena beliau usg cuma beberapa menit saja, paling 2 menit. Berbeda saat kontrol ke bidan, usg bisa 10 menit, hehe. Oiya, untuk kontrol kehamilan saya di dua tempat, obgyn dan bidan mulai usia 4 bulan karena berniat melahirkan di bidan yang akhirnya nemu bidan yang cocok. Untuk vitamin masih tetap ambil dari obgyn karena terlanjur cocok, usg di klinik pun bisa 4D. Seperti biasanya, dokter kandungan memperlihatkan detak jantung bayi, Alhamdulillah normal karena saya kuatir janin ikut lemas saat saya sakit, saat usg pun dia masih terlihat aktif menggerakkan kaki dan tangannya. Pada kehamilan 23 minggu, berat badan bayi hampir 600 gram, lumayan semok lah ya. Saya pun membandingkan variabel yang diukur dengan tabel perkembangan janin, Alhamdulillah normal semua. Dokter memperlihatkan mata yang sedang melek, hidung yang Insyaallah mancung seperti ayahnya, dan mulut yang sedang mengecap-ngecap. Masyaallah saya terharu sekali, ditambah lagi kelamin sudah lumayan terlihat meski belum terlalu jelas. Dokter sudah memberikan prediksi jenis kelamin, tapi insyaallah akan yakin di bulan ke tujuh saat kami lakukan usg 4D. Soal pergerakan janin yang menjadi pasif saat ibunya sakit tidak masalah asal si ibu tetap menjaga asupan makanan dengan baik, mulai dua hari lalu anak semok sudah mulai aktif menendang lagi.

Kehamilan 23 Minggu
Kehamilan 23 minggu
Baca Juga : Kehamilan 18 minggu

Untuk perkembangan saya di kehamilan 23 minggu, berat badan sudah naik total 8 kilogram yang sepertinya hanya menuju pipi, perut, dan paha saja, hehe. Nasfu makan semakin baik dan sering, apa saja yang ada dimakan tanpa pilah pilih makanan. Belum merasakan ngidam apapun, emosi sepertinya semakin membaik, dan tekanan darah normal. Vitamin yang diberikan sama dengan bulan lalu yaitu Prohelic dan HBVit. Untuk obat batuk diberikan Oxfezin dan antibiotik Camoksil, Alhamdulillah batuk sudah reda, nafas sudah lega. Aktivitas juga masih saya jalankan seperti biasa, naik motor ke pasar, nyapu-ngepel-nyuci-masak, jalan di pagi dan sore hari, Alhamdulillah tidak ada bengkak sama sekali. Yang membuat saya bahagia adalah suami memberi ijin makan sate kambing 5 tusuk, hehe. Oiya, beberapa minggu sebelumnya saya sempat melakukan perjalanan darat selama 9 jam dari Sampit ke Banjarmasin, lalu jalan-jalan di Banjar, kemudian kembali lagi ke Sampit. Alhamdulillah tidak ada keluhan sama sekali, saat di jalan pun setiap dua jam sekali suami berhenti agar saya bisa berjalan atau ke toilet untuk pipis. Untungnya sih bawa mobil sendiri, mungkin kalau naik mobil travel bisa teler. Demikian perkembangan kehamilan 23 minggu baik janin maupun ibunya, insyaallah semua sehat hingga hari kelahiran nanti. Saatnya mempersiapkan nama :)

10 comments:

  1. Replies
    1. iya mba, pas lagi batuk pilek uda seminggu

      Delete
  2. Sehat terus ya Mbak...
    Semoga semuanya baik2 saja sampai hari kelahiran dedek :)

    ReplyDelete
  3. Mba Ayu, selamat yaa atas kehamilannya. Moga sejat dan lancar hingga persalinannya kelak. Mba, aku dulu pas hamil juga sempat batuk smapai 2 bulan. Kata dokter akan reda batuknya pas anaknya lahir. Eh percaya nggak percaya, itu benar kejadian. Anakku lahir, langsung batukku hilang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hoo berarti bawaan hamil juga ya mba Alida?
      Alhamdulillah skrng uda gak pernah batuk lagi :)

      Delete
  4. Waaaa... Sudah 6 bulan ajaaaa... Itu Bidan yang sudah jodoh itu bidan di Sampit? Rencana lahiran di Sampit, dong? Kalau gitu bakalan jadi Ibu perkasa beneran.. Soalnya aku pasca lahiran masih dibantuin Ibuk ngurus ini itu. 😝

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya mbakk,, lahiran di Sampit aja biar deket kang mas hehe, tapi nanti tetep impor ibuk kesini haha

      Delete
  5. jadi pengin hamil lagiii..tapi skip trimester awal nya *lho...selamat ya...mudah-mudahan sehat terus bunda dan babynya..Amiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahah enak ya bisa skip TM1 hehehe
      aamiin.. makasih mba :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^^