3.11.15

USG Pertama Kehamilan 6 Minggu

Setelah menunggu telat menstruasi selama 2 minggu, akhirnya kami memutuskan untuk cek ke dokter agar mendapat kepastian tentang kehamilan saya yang kedua ini. Tanggal 30 Oktober lalu, kami ke salah satu klinik dokter kandungan yang dulu juga menangani kehamilan saya yang pertama. Obgyn saya ini laki-laki, namanya Dr. Franky Sumarlie, yang sejauh ini paling cocok cara penanganannya daripada 2 obgyn saya sebelumnya. Dr. Franky sempat bercanda kalau saya hamil terlalu cepat padahal baru 2 bulan keguguran, tapi kan saya mengikuti saran beliau yaitu minimal jeda 2 kali mens, hehe. Tanpa banyak kata langsung berbaring untuk usg, saat itu usia kehamilan saya 6 minggu. Rasanya dag dig dug sekali saat seorang perawat memberikan gel di perut saya, saat alat usg menyentuh perut ternyata langsung terlihat kantung kehamilan yang cukup besar. Alhamdulillah, terima kasih Allah ya Rabb.

Hasil usg 6w
Hasil usg usia 6w, sehat terus ya, Nak, biar kakak bahagia di atas sana
Dokter pun melanjutkan ekspansi alat usg untuk mendapat gambar yang jelas dan janin pun sudah terlihat panjang dan cukup tegas. Pada saat usg ada 2 tampilan yaitu saat kantung kehamilan berbentuk bulat dan panjang, ternyata dokter memilih bentuk yang panjang seperti gambar.

Dari hasil usg dinyatakan usia kehamilan adalah 6 minggu 3 hari yang hanya berbeda 1 hari dengan hitungan menstruasi. Ukuran janin 7mm dengan berat 0.2 gram, sedangkan menurut panduan yang saya punya melalaui aplikasi Pregnancy+, usia 6 minggu harusnya panjang janin 6mm dengan berat 0.2 gram. Alhamdulillah semua normal dan dalam kondisi baik.

Dokter pun hanya memberi saya vitamin yaitu Folda dan obat mual yang hanya diminum saat mual. Inilah yang saya suka dari dokter Franky, beliau benar-benar menjadi dokter yang hanya memberikan obat yang diperlukan pasiennya. Bahkan beliau tidak memberi penguat kandungan karena dirasa tidak perlu meskipun saya punya riwayat keguguran. Berbeda dengan obgyn saya sebelumnya yang pada pertemuan pertama sudah memberikan obat yang harganya hampir satu juta. Memang harus selektif memilih dokter, tapi saya tidak berencana melahirkan dengan dokter Franky, karena suami ingin saya melahirkan di kampung halaman.

Untuk kondisi saya saat minggu-minggu ini yaitu mudah capek, lemas, dan ngantuk, gampang sekali lapar meskipun saya tidak bisa makan nasi jadi sata stok ubi, biskuit, dan buah. Saya tidak terlalu sering mual, sih, hanya pagi dan malam dan saat bertemu nasi. Untuk urusan makan, saya jadi anti dengan ikan dan segala seafood padahal sebelumnya doyan. Alhasil sudah 2 minggu saya stop masak, merasa bersalah dengan suami tapi Alhamdulillah suami sangat pengertian, malah beliau yang menyediakan semua keperluan saya. Oh, iya, saya suka dengan susu ultra milk yang cokelat meskipun saya tetap stok susu prenagen emesis.

Semoga kehamilan yang kedua ini lancar sampai lahiran nanti. Tidak sabar untuk usg akhir bulan November ini untuk bertemu dengan calon anak sholeh/sholehah kebanggan ayah dan bunda. Sehat terus, ya, Nak. Untuk anakku yang sudah ada di samping Allah, ayah dan bundamu tidak akan pernah melupakanmu, Nak. segala doa masih mengalir untukmu, buah hati tercinta.

16 comments:

  1. Paling senang saat melihat cabay di usg pertama ya Yu >.< dan ia benar, selalu kangen ke dokter lagi bulan depan, demi melakukan usg :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhee iya kaannn,, pengennya usg tiap minggu haha

      Delete
  2. sehat2 yaaaa...
    aku dulu divideoin usgnya jadi pas dirumah bisa dilihat2 lagi hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin mbaa.. nanti mau divideo kalo uda bisa gerak mbaa ^^

      Delete
  3. Waah...
    Selamat yaah.

    Hamil itu enak lho, bahagia, dimanja-manja...

    ReplyDelete
  4. Sehat terus ya, Ay. Jangan cape2 lagi ;)
    Kalo mau melahirkan di kampung halaman, kira2 mau ke sana trimester 3 kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa teteh juga yaa sehat teruss lancarrr sampe lahiran..
      paling sebelum 32w baru pulang, teh.

      Delete
  5. wah... selamat2...

    smoga dedek dan ibunya sehat selalu

    ReplyDelete
  6. Sehat selalu yaa mbak.. Istirahat aja yang cukup. Saya juga waktu trimaster pertama asli malas masak dan merasa bersalah ke suami huhuhuhuhu
    Tetep semangatt ya mbak ;)

    ReplyDelete
  7. Wah selamat ya mba, dijaga kehamilannya. Semoga semua trisemester terlewati dengan aman dan nyaman....

    ReplyDelete
  8. alhamdulillah... smoga sehat selalu ya :)
    klo saya pas hamil dulu paling anti makan ayam :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin mbaa...
      saya anti nasi dan seafood mbaa tapi skrng uda doyan makan lagi :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar Anda ^^